AKBID LA TANSA Melaksanakan PKK 2 di Masa Pandemi 22 Maret – 29 Mei 2021

  • -

AKBID LA TANSA Melaksanakan PKK 2 di Masa Pandemi 22 Maret – 29 Mei 2021

Category:AKBID,BERITA,INFO TERKINI

PRAKTIK KLINIK KEBIDANAN 2
AKADEMI KEBIDANAN LA TANSA MASHIRO
TAHUN AKADEMIK 2020-2021

GARDA TERDEPAN dan UJUNG TOMBAK pelayanan asuhan kebidanan yang berkualitas dikuasai dan dipegang oleh BIDAN yang berdampak atas penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Oleh karena itu, Mahasiswa Kebidanan yang nantinya setelah lulus akan menjadi Bidan, harus kompeten memberikan pelayanan asuhan kebidanan secara komprehensif dan berkesinambungan (continue of care) dimulai dari asuhan kebidanan pada ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, bayi, balita, KB dan kesehatan reproduksi sebagai wujud kontribusi dalam menurunkan AKI dan AKB.

Kompetensi mahasiswi kebidanan AKBID La Tansa Mashiro dalam memberikan asuhan kebidanan di asah melalui kegiatan PKK 2 yang sebelumnya sudah dilaksanakan PKK 1. Berbeda dengan PKK 1 yang harus mencapai target fisiologis, dalam PKK 2 ini mahasiswi harus mencapai target phatologisnya pada asuhan kebidanan ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, bayi, balita, KB dan kesehatan reproduksi dengan pendekatan manajemen kebidanan Varney dan didokumentasikan dengan menggunakan teknik SOAP. Melalui pengawasan pembimbing lahan dan pembimbing dari pendidikan.

PKK 2 ini dilaksanakan mulai 22 Maret – 29 Mei 2021 yang diikuti oleh 25 mahasiswi semester VI Program Studi DIII Kebidanan AKBID La Tansa Mashiro yang tersebar di 7 Puskesmas yang ada di Kabupaten Lebak, yaitu Puskesmas Cibadak, Puskesmas Mandala, Puskesmas Warunggunung, Puskesmas Pamandegan, Puskesmas Cimarga, Puskesmas Rangkasbitung.

Dalam kegiatan PKK 2 ini, mahasiswi juga melakukan kegiatan Studi Kasus Asuhan Komprehensif pada satu pasien mulai dari masa kehamilan dengan usia kandungan memasuki 35-37 minggu, persalinan, masa nifas 6 jam  sampai asuhan bayi baru lahir 6-48 jam (Asuhan Kebidanan Fisiologis). Asuhan Komprehensif ini bersifat integratif dan komprehensif. Integratif artinya menggunakan berbagai teknik pendekatan dan bersifat komprehensif yaitu data yang dikumpulkan meliputi seluruh aspek pribadi individu secara lengkap dan berkesinambungan.

Tujuan dilaksanakannya Studi Kasus Asuhan Komprehensif ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menuangkan pemikiran dan hasil-hasil kegiatan ilmiah yang telah dilakukan ke dalam bentuk sebuah laporan dan meningkatkan kemampuan analisa dalam berbagai macam kasus dan permasalahnya serta dapat memberikan solusinya.

Kegiatan PKK2 dan Studi Kasus Asuhan Komprehensif ini didampingi oleh dua pembimbing yaitu pembimbing lahan (Bidan Koordinator atau Clinical Instructure) dan pembimbing akademik (dosen AKBID La Tansa Mashiro). Diharapkan dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswi ini dan didampingi oleh para pembimbing dapat meningkat kompetensi mahasiswi dalam melakukan asuhan kebidanan sehingga ketika lulus nanti siap untuk terjun langsung menangani pasien.

Written by @purinyaruri

#praktikklinikkebidanan2
#studikasusasuhankomprehensif
#mahasiswibidan
#pandemi
#ayokuliahdiakbidlatansamashiro
#latansa
#latansamashiro
#ayokuliahdilatansamashiro


Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial