Diploma 3 Kebidanan

Akademi Kebidanan La Tansa Mashiro

Program Studi Diploma 3 Kebidanan La Tansa Mashiro

Angka kematian ibu (AKI) yang terjadi di wilayah negara Indonesia sebesar 307/100.000 (SKRT 2001) dan angka kematian bayi (AKB) sebesar 35/1000 kelahiran hidup (SDKI 2002-2003), hal tersebut menunjukkan AKI dan AKB di Indonesia masih tertinggi diantara negara-negara ASEAN. Salah satu faktor penting dalam upaya penurunan angka kematian tersebut, adalah penyediaan pelayanan kesehatan yang diperuntukkan bagi wanita sepanjang siklus kehidupannya terutama pelayanan kesehatan maternal dan neonatal yang berkualitas, dekat dengan masyarakat sesuai dengan program pemerintah di bidang kesehatan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan didukung tersedianya sarana dan prasarana yang memadai.

Terwujudnya tujuan pembangunan di bidang kesehatan perlu ditunjang dengan tersedianya sumber daya manusia yang handal dan profesional agar pelayanan yang diberikan berkualitas dan dapat menjangkau sasaran perlu adanya partisipasi masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, khususnya kebidanan, salah satunya dengan menyelenggarakan sarana pendidikan kesehatan dengan program diploma III kebidanan yang dapat memenuhi tuntutan masyarakat dan selaras dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sesuai tuntutan bidang kesehatan di masa depan.

Akademi Kebidanan La Tansa Mashiro-Rangkasbitung merupakan jenis pendidikan khusus untuk mendidik peserta didik menjadi tenaga bidan profesional, memiliki integritas kepribadian tinggi, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, tanggap terhadap adanya perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu mengatasi masalah yang dihadapi oleh masyarakat terutama yang berkaitan dengan masalah kebidanan yang dibentuk pada tanggal 24 Agustus 2006 berdasarkan SK.Mendiknas No.171/D/O/2006 dan rekomendasi Departemen Kesehatan No.HK 03.2.4.1.03316, serta dibina oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Visi        

Menjadi Akademi Kebidanan yang memiliki keunggulan dalam bidang kebidanan di Tingkat ASEAN tahun 2035.

Misi 

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan unggul pada bidang kebidanan.
  2. Menyelenggarakan penelitian ilmiah bidang kebidanan yang memiliki keunggulan dan berorientasi pada visi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang memiliki keunggulan dalam bidang kebidanan.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dalam bidang Tridharma perguruan tinggi dengan stakeholder baik pemerintah maupun swasta di tingkat nasional dan regional ASEAN untuk mewujudkan keunggulan.

Tujuan Akbid La Tansa Mashiro

  1. Menghasilkan lulusan bidan yang unggul, bermutu dan profesional dalam bidang kebidanan.
  2. Menghasilkan penelitian yang memiliki keunggulan dalam bidang kebidanan.
  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian masyarakat yang sesuai dengan keunggulan dan berorientasi pada hasil penelitian.
  4. Menghasilkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan dunia usaha, dunia industri baik di dalam (Nasional) maupun luar negeri (ASEAN) pada kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.