S1 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

SEJARAH SINGKAT PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Berdirinya Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan La Tansa Mashiro Rangkasbitung merupakan realisasi cita-cita Yayasan La Tansa Mashiro untuk ikut berpartisipasi dalam menghasilkan Sarjana Pendidikan yang profesional dan handal dalam jumlah serta mutu yang memadai guna memenuhi kebutuhan tenaga profesional di bidang Pendidikan bagi masyarakat baik dalam maupun luar negeri melalui pendekatan manajemen terpadu, menyelenggarakan program pendidikan dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi dalam lingkup ilmu-ilmu pendidikan diarahkan pada penerapan keahlian dalam masyarakat.

Pendirian Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris berdasarkan SK Izin Operasional Kemenristekdikti RI Nomor: 742/KPT/I/2018 tanggal 5 September 2018 bersamaan dengan berdirinya STKIP La Tansa Mashiro. Diharapkan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris ini dapat berpartisipasi dan berperan serta secara aktif dalam rangka menghubungkan keadaan sekarang dan masa depan, serta sekaligus dapat menjadi penghubung antara dunia ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan kebutuhan nyata masyarakat yang sekarang sedang berkembang

VISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

“Mewujudkan program studi yang menyiapkan guru bahasa Inggris di sector formal dan informal yang mampu mendidik lulusan berakhlakul karimah dan mampu bersaing dalam dunia global pada tiga sampai lima tahun ke depan”

MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

  1. Mengembangkan dan memantapkan program studi menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan guru bahasa Inggris berakhlakul karimah melalui pengajaran linguistik terapan, pengembangan bahan ajar, pembelajaran bahasa Inggris dalam karya sastra, dan penerjemahan sebagai metode pengajaran bahasa Inggris.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengkajian tentang pengajaran dan pengembangan materi ajar bahasa Inggris sebagai suatu ilmu berdasarkan isu terkini.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat di bidang ilmu pengajaran sebagai kerja nyata guru terhadap kondisi pendidikan terkini.
  4. Menjalin pola hubungan kerjasama kemitraan antara lembaga dengan pihak pemerintah dan swasta dengan mengadakan pelatihan dan penelitian di bidang pendidikan bahasa Inggris, baik dalam maupun luar negeri.

TUJUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai konsep dan keahlian yang cukup berdasarkan Pengetahuan, Sikap, Ketrampilan Umum dan Khusus yang meliputi penguasaan keilmuan bahasa Inggris, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta kompetensi tambahan yang mencakup kewirausahaan dan teknologi informasi berdasarkan nilai-nilai akhlakul karimah.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian di bidang keilmuan dan pendidikan bahasa Inggris yang berbasis keislaman melalui setiap aktivitas akademik dan non akademik.
  3. Menghasilkan lulusan yang mandiri, ulet, kreatif, inovatif, bertanggungjawab, dan dapat bersaing dalam kompetensi nasional dan internasional dalam membangun karier di lapangan kerja.

KEUNGGULAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

  1. Kurikulum berbasis riset dan pendidikan bahasa Inggris terapan
  2. Terdapat beasiswa berprestasi bagi mahasiswa yang kurang mampu
  3. Biaya perkuliahan yang terjangkau
  4. Membekali lulusan dengan kompetensi teknologi dan informasi dalam dunia pendidikan baik dalam media pembelajaran maupun riset terapan bahasa Inggris
  5. Memiliki perpustakaan digital dan laboratorium bahasa dan komputer yang lengkap
  6. Memiliki sistem perkuliahan E-Learning
  7. Tenaga pengajar berpengalaman, lulusan universitas swasta dan negeri ternama di Indonesia dan Luar Negeri
  8. Mencetak lulusan sarjana pendidikan bahasa Inggris dengan keahlian khusus pada program Mata Kuliah Unggulan Prodi (1. Teaching English to Young Learners 2. Foundation of Translating and Language Pedagogy)
  9. Tersedia program magang kependidikan sebagai sarana praktek profesi guru bahasa Inggris
  10. Program Kuliah bersama dengan Universitas Negeri & Swasta di Indonesia
  11. Memfasilitasi Konferensi Nasional berbahasa Inggris dengan e-sertifikat bagi seluruh mahasiswa

PROFIL LULUSAN / PELUANG KARIR LULUSAN

Lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris diarahkan untuk menjadi sarjana yang memiliki keahlian sebagai berikut.

1. Guru Bahasa Inggris

Sebagai guru bahasa Inggris yang berakhlakul karimah, lulusan program studi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan mampu merancang, melaksanakan, dan melakukan penilaian kegiatan pembelajaran bahasa Inggris (yang efektif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan) baik pada pendidikan formal maupun non-formal.

2. Penulis Buku Ajar Bahasa Inggris

Sebagai penulis buku ajar Bahasa Inggris, lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan mampu merancang dan menulis buku ajar Bahasa Inggris sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar, etika penulisan karya ilmiah dan etika akademik, peka terhadap kebutuhan pasar, dan mampu menjalin kerja sama dengan lembaga penerbitan untuk publikasi buku.

3. Pengembang Perangkat Penilaian

Sebagai pengembang perangkat asesmen, lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan memiliki kemampuan untuk merancang, mengembangkan, menganalisis, dan memanfaatkan serta melaporkan pemanfaatan perangkat asesmen. Lulusan juga diharapkan dapat memanfaatkan kemajuan dalam bidang IPTEK untuk keperluan pengembangan perangkat asesmen.

4. Pengembang Program Pembelajaran Bahasa Inggris

Sebagai pengembang program pembelajaran bahasa Inggris, lulusan program studi Pendidikan bahasa Inggris diharapkan mampu menguasai prinsip-prinsip pengembangan program pembelajaran PANDUAN AKADEMIK 2020 5 bahasa Inggris, menerapkan prinsip-prinsip pengembangan program, mengelola program, dan mampu melakukan evaluasi terhadap program pembelajaran bahasa Inggris.

5. Penerjemah Bahasa Asing

Sebagai penerjemah, lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan memiliki kemampuan menerjemahkan beragam teks tulis dan lisan (baik konsekutif maupun simultan) berbahasa Inggris seperti teks akademik, dokumen resmi, dan pidato/ceramah ke dalam bahasa Indonesia dan atau sebaliknya, dengan landasan pengetahuan tentang prinsip-prinsip penerjemahan, kemampuan untuk menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam kegiatan penerjemahan, dan etika penerjemahan.

6. Tutor Bahasa Inggris

Sebagai tutor bahasa Inggris yang berakhlakul karimah, lulusan program studi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan mampu merancang, melaksanakan, dan melakukan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris yang efektif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan di sektor non-formal dengan pendirian lembaga kursus bahasa Inggris.

7. Peneliti Pendidikan Bahasa Inggris

Sebagai peneliti bahasa, lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan senantiasa mengikuti dan berperan aktif untuk mengembangkan keilmuan dan praktik pembelajaran bahasa Inggris melalui penelitian dalam bidang pengajaran bahasa Inggris yang ditandai dengan kemampuan untuk: menemukan dan menganalisis topik permasalahan dalam pembelajaran bahasa Inggris, menguasai prinsip-prinsip dan metode penelitian, menerapkan prinsip dan metode tersebut dalam melakukan penelitian, serta melaporkan hasil penelitiannya dengan senantiasa berupaya untuk memanfaatkan teknologi informasi dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika penelitian dan etika akademik.

MATA KULIAH UNGGULAN

  • Introduction to Teaching English to Young Learners

Mata kuliah ini dirancang bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan mengajar bahasa Inggris mereka terutama untuk pelajar awal. Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memberikan ide dasar bahasa Inggris kepada anak-anak kepada siswa, memberikan kepada siswa karakteristik anak-anak dan bagaimana penerapannya dengan cara pengajaran yang efektif dan menarik. Idenya adalah tentang bagaimana membuat pelajar awal menyukai dan bersemangat dengan pelajaran bahasa Inggris. Mata kuliah ini akan memberikan semua pengetahuan dasar dalam kaitannya dengan Pengajaran Bahasa Inggris untuk Pelajar Muda, yang akan menjadi dasar untuk mengajar Bahasa Inggris untuk Pelajar Muda.

  • Foundation of Translating and Language Pedagogy

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kecakapan menerjemahkan untuk pengajaran bahasa dilihat dari lensa linguistik fungsional sistemik. Dalam mata kuliah ini, dosen memberikan pencerahan mengenai konsep linguistik fungsional sistemik (LSF) dalam menerjemahkan. Setelah memahami metafungsi bahasa dalam LSF, mahasiswa kemudian diajak menerjemahkan teksteks yang dapat digunakan untuk praktik pengajaran bahasa Inggris. Teori yang digunakan dalam pembelajaran MK ini diadaptasi dari teori Systemic Functional Linguistics (SFL) Halliday, yang kemudian dielaborasi dalam Teaching/Learning Cycle Feez (1998). Metode yang digunakan dalam penyampaian MK adalah dengan mengikuti pembelajaran berbasis tugas (TBL learning) sehingga proses penerjemahan untuk kebutuhan kepengajaran bahasa dapat menyentuh pembelajaran autentik konteks dunia kerja pembelajar sebagai guru. Dalam MK ini mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan artefak pembelajaran berupa portfolio penerjemahan dan video praktik penerjemahan yang digunakan untuk mengajar bahasa Inggris.

FASILITAS STKIP LA TANSA MASHIRO

  1. Kampus milik sendiri
  2. Kelas Full AC
  3. Laboratorium Biologi
  4. Laboratorium Komputer
  5. Laboratorium Pusat Bahasa
  6. Perpustakaan
  7. Hot Spot Internet/Wifi
  8. Mesjid
  9. Gedung Pertemuan (La Tansa Mashiro Convention Hall)
  10. Area Parkir Luas
  11. Lapangan dan perlengkapan Olah Raga
  12. Kantin
  13. LKMS (Lembaga Keuangan Mikro Syari’ah)
  14. Kendaraan Operasional: roda empat (3 unit) dan roda dua (1 unit)
  15. Media Pembelajaran: Alat-alat praktikum biologi, speaker-audio, headset, In Focus, LCD, TV, DVD Player, Notebook.

PERSYARATAN PENDAFTARAN

  1. Foto copy KTP (2 lembar)
  2. Fotocopy Ijasah yang dilegalisir / SKL* (2 lembar)
  3. Pas Photo berwarna background merah ukuran 4×6 (2 lembar)
  4. Fotocopy Kartu Keluarga (2 lembar)

PERSYARATAN MASUK

  • Lulus Test Potensi Akademik

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial