PENDIDKAN MATEMATIKA

VISI PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Menjadi program studi yang unggul dalam kompetisi yang berakhlakul kharimah, professional, dan inovatif di bidang pendidikan matematika pada lima tahun kedepan serta dapat bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional melalui tridharma perguruan tinggi dan nilai-nilai islam.

MISI PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA

  1. Menyelenggarakan. pendidikan. dan. pengajaran. yang modern, berdaya. guna dan aplikatif dengan. kompentensi. bidang keilmuan Pendidikan Matematika, dibingkai nilai-nilai luhur kemanusiaan. dan berakhlakul. karimah.
  2. Melaksanakan. kegiatan penelitian. dan pengabdian. kepada masyarakat. dalam mengimplementasikan hasil kajian-kajian. ilmiah bidang pendidikan. Matematika berorientasi pada profesionalisme sebagai tenaga pendidik.
  3. Mengembangkan model-model pembelajaran matematika ceria, kreatif, inovatif dan berbasis Information Communication Technology dalam perkuliahan bagi para pengajar dan peserta didik.
  4. Menjalin pola hubungan kerja yang baik antara lembaga dengan pihak pemerintah dan swasta, baik dalam maupun luar negeri.

TUJUAN PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA

  1. Menghasilkan lulusan yang mempunyai pemahaman secara konsep dan keahlian Integritas, kepribadian dan berakhlakul karimah. dengan. kemandirian, .keuletan, .kreatifitas dan inovasi yang baik, .bertanggungjawab, energik dan dapat. membaca. serta. memanfaatkan. peluang.
  2. Menghasilkan penelitian untuk kepentingan masyarakat dengan melibatkan civitas akademika secara penuh dengan mengimplementasikan kajian layanan kepada masyarakat secara handal, prima dan menjanjikan.
  3. Mengembangkan fasilitas/sarana dan prasarana untuk menunjang proses pembelajaran kompetitif yang kondusif bagi seluruh civitas akademika dan tenaga kependidikansehingga memiliki kompetensi, handal dan memiliki daya saing yang tinggi.
  4. Terjalinnya. kerjasama. antar. lembaga, baik .pemerintah dan .swasta, dalam. maupun. luar .negeri untuk .meningkatkan daya. saing antar .perguruan tinggi.
  5. Meningkatkan kreativitas, entrepeneurship, kepemimpinan mahasiswa dan mendayagunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan.

STRATEGI PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA

  1. Rekrutmen calon mahasiswa harus lebih masiv
  2. Rekrutmen calon mahasiswa harus bertambah dua kali lipat dari angkatan sebelumnya
  3. Dosen yang mengajar adalah lulusan S2 Pendidikan Matematika
  4. Semua dosen minimal sudah memiliki jabatan fungsional asisten ahli
  5. Kurikulum yang diterapkan sesuai dengan keperluan stakeholder
  6. Penggunaan e-learning untuk perkuliahan sudah terlaksana minimal 40%
  7. Pelatihan peningkatan kompetensi dosen baik dalam pembelajaran, penelitian maupun pengabdian masyarakat.
  8. Publikasi jurnal di jurnal terakreditasi terlaksana minimal 20%
  9. Mendapatkan penelitian hibah dikti untuk dosen pemula

TATA NILAI PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA

  • Jujur

Program studi pendidikan matematika baik mahasiswa maupun dosen harus memiliki karakter jujur dalam dirinya. Mahasiswa harus jujur dalam melaksanakan UAS, Penelitian dan hal lainnya baik didalam kampus maupun diluar kampus. Begitupun sebaliknya, dosen dan tenaga kependidikan program studi harus memiliki karakter jujur baik dalam memberikan penilaian kepada mahasiswa, penelitian, pelayanan akademik maupun hal lainnya baik didalam kampus maupun diluar kampus.

  • Disiplin

Setiap mahasiswa program studi pendidikan matematika harus memiliki karakter disiplin baik dalam perkuliahan, maupun diluar perkuliahan sehingga segala urusan bisa terlaksana tepat pada waktunya. Begitupun untuk dosen dan tenaga kependidikan harus memiliki jiwa disiplin dalam melakukan perkuliahan dan pelayanan pendidikan sehingga dapat memberikan kepuasan kepada mahasiswa.

  • Sopan Santun

Semua civitas akademika dilingkungan program studi pendidikan matematika harus memiliki jiwa sopan santun. Karena dengan adanya nilai sopan santun ini bisa saling menghormati satu sama lainnya.

  • Kreatif

Mahasiswa program studi pendidikan matematika harus kreatif dalam mengerjakan tugas yang bentuk praktek ataupun memiliki jiwa kreatif dalam memecahkan segala persoalan baik didalam maupun diluar kampus. Begirupun untuk dosen, dosen dituntut untuk kreatif dalam menyampaikan perkuliahannya dikelas baik kreatif dalam membuat bahan ajar perkuliahan ataupun metode pembelajarannya.

  • Terbuka

Civitas akademik program studi pendidikan matematika harus terbuka dalam berbagi informasi, baik berupa peraturan, beasiswa, dan lain-lainnya yang sekiranya itu perlu diketahui oleh setiap unit di program studi pendidikan matematika.